Screen Shot 2013-12-23 at 7.25.35 AM

Kota Bitung Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

(Berita Daerah –  Sulawesi) Kota Bitung di provinsi Sulawesi Utara telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), hal ini disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Kota Bitung mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat didorong oleh aktifitas pelabuhan lautnya.

“Tahun depan Bitung resmi menjadi KEK di kawasan timur Indonesia, selain Batam di bagian barat,” kata Hatta Rajasa, saat menghadiri perayaan Natal PAN di Manado, Minggu malam. Dengan ditetapkan sebagai KEK, maka Bitung serta Sulawesi Utara menjadi pintu gerbang perekonomian Indonesia bagian timur, dan sudah pasti akan membawa dampak yang postif bagi daerah Nyiur melambai, kata Hatta.

Dari sisi geoekonomi dan geostrategi kota Bitung di Sulawesi Utara menjadi pintu gerbang ke Asia Pasifik. Untuk itu, Hatta mengatakan pemerintah juga sedang membangun berbagai infrastruktur untuk mendukung KEK yang ditetapkan, agar bisa berhasil dengan sangat baik kedepannya nanti.

“Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Airmadidi-Bitung dan nantinya akan terus sampai ke Manado, itu adalah bagian dari konektifitas untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia Timur,” katanya.

Hatta juga mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi diatas rata-rata tersebut, maka pengembangan perekonomian kedepan akan semakin baik dibandingkan sekarang.

“Sekarang berdasarkan hasil diskusi dengan Gubernur Sinyo Sarundajang pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara adalah delapan persen diatas angka rata-rata nasional,” katanya. Ini merupakan angka yang baik dan positif bagi pertumbuhan ekonomi di Sulawesi maupun secara nasional.

(fh/FH/bd-ant)

Pic : Bitungkota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>