Wajah Ibu Kota

BKPM Optimistis Realisasi Investasi 2014 Mencapai Rp 470 Triliun

(Berita Daerah – Jakarta) Pernyataan The Fed tentang adanya pengurangan pembelian obligasi Tahun 2014, hal itu membuat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tetap optimistis bahwa realisasi investasi bakal melonjak 470 triliun.

Tingginya minat asing berinvestasi di Indonesia terutama investor Jepang dan Amerika Serikat (AS), membuat kepala BKPM Mahendra Siregar semakin optimis nilai investasi bisa lebih tinggi dari target sebelumnya sebesar Rp470 triliun. Ditambah lagi dengan banyaknya komitmen investasi yang belum direalisasikan investor asing, serta beberapa perusahaan yang akan melakukan ekspansi atau perluasan investasi yang akan meningkatkan iklim investasi di Indonesia.

Bahkan, BKPM juga menyebutkan ada sebanyak 15 perusahaan Jepang sudah mengantri untuk meningkatkan investasi di Indonesia pada 2014 mendatang. Adapun nilai investasi dari belasan perusahaan tersebut tersebut mencapai US$3,5 miliar.

Sektor-sektor yang menjadi incaran beberapa investor asing di Indonesia adalah sektor komunikasi, transportasi, mineral, otomotif, perdagangan dan retail, consumer goods, serta pariwisata.Menurut Mahendra, saat ini BKPM fokus membereskan pekerjaan rumah yang masih menjadi kendala investasi, seperti meningkatkan pembangunan pembangunan infrastruktur, membereskan regulasi, pembebasan lahan, meningkatkan kapasitas hukum, serta menerapkan pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk mempermudah perizinan.

Jika semua kendala dalam berinvestasi bisa segera dibereskan, maka tidak hanya Penanaman Modal Asing (PMA) yang akan meningkat, tetapi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) juga akan semakin berkembang. Karena menurutnya, berdasarkan data BKPM, pada triwulan ketiga realisasi PMDN sudah mencapai Rp33 triliun, sedangkan realisasi PMA mencapai Rp67 triliun.

Tidak ada halangan untuk menembus Rp470 triliun, pertumbuhan komsumsi masyarakat dan kelas menengah menjadi salah satu faktor pendukung yang akan mendorong iklim investasi tahun depan.

(jh/EA/BD)

pic: ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>