Sejumlah wisatawan mancanegara mengunjungi kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jabar, Senin (28/10)

Pariwisata Indonesia Masih Bertahan Ditengah Krisis

(Berita Daerah – Nasional) Indonesia mengandalkan peningkatan kunjungan wisata turis mancanegara asal Asia untuk mendorong pertumbuhan pariwisata sekitar 10 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, mengatakan masih optimis sektor pariwista cukup bertahan dalam keadaan krisis, ia memperkirakan kunjungan wisman 2013 masih akan tumbuh meskipun terjadi perlambatan ekonomi di kawasan Uni Eropa dan AS yang saat ini masih terjadi.

Pada tahun 2012, meskipun kawasan Uni Eropa masih dilanda krisis utang dan ekonomi AS masih lambat, sektor pariwisata dan kunjungan turis mancanegara (wisman) ke Indonesia masih tumbuh lima persen.

Pertumbuhan pariwisata Indonesia itu masih di atas pertumbuhan pariwisata global yang hanya 3-4 persen

Kemenparekraf menargetkan tahun 2012 Indonesia dikunjungi sekitar delapan juta wisman.

Tahun 2014 diharapkan pertumbuhan jumlah kunjungan wisman masih akan tumbuh,  pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan membaik.Apalagi negara-negara di kawasan Asia tidak terkena dampak parah dari krisis utang di kawasan Uni Eropa.

Pada saat Keris, orang akan melakukan perjalanan wisata ketempat yang jaraknya lebih dekat, sebab itu kunjungan dari kawasan Asia sangat diandalkan.

Kedatangan wisatawan dari Asia bisa menutup kekurangan kunjungan wisatawan asal Uni Eropa yang masih mengalami krisis.

(ea/EA/BD)
Pic:ant

One comment

  1. potensi wisata indonesia masih banyak yang belum tergali maksimal. perlu pembenahan infrastruktur, akomodasi dan promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>