Sinabung

Gunung Sinabung Kebanggaan Masyarakat Karo

(Berita Daerah – Karo) Gunung Sinabung yang dalam bahasa karo disebut Deleng Sinabung adalah gunung yang telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Tanah Karo selama ini. Gunung yang memiliki puncak ketinggian 2.460 meter ini meletus kembali pada tahun 2010 dimana sebelumnya tercatat terakhir kali meletus adalah tahun 1.600.

Pada saat artikel ini dibuat Gunung Sinabung sedang erupsi, semburan debu panas telah menghancurkan banyak rumah di desa-desar sekitar Gunung Sinabung.

Cerita lokal yang turun temurun di masyarakat Karo mengisahkan bahwa sejak jaman nenek moyang orang Karo yang tinggal disekitar Gunung Sinabung, mereka sangat menggantungkan mata pencaharian mereka dari tanah subur yang berada disekitar gunung ini.

Kesuburan tanah di Kabupaten Karo sudah terkenal sampai mancanegara, banyak hasil sayur-mayur dari desa-desa di kawasan Gunung Sinabung yang dipasarkan di Medan, propinsi tetangga bahkan sampai ke Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Masyarakat Kabupaten Tanah Karo yang berada dilereng Gunung Sinabung banyak membuka lahan pertanian dan perkebunan sebagai sumber mata pencaharian mereka.

Tanaman yang banyak ditanam penduduk di lereng Gunung Sinabung antara lain: jagung, kopi, coklat dan padi.

Kepandaian dan keuletan masyarakat Tanah Karo dalam bercocok tanam berdampak besar dalam perkembangan Kabupaten Tanah Karo sampai sekarang.

Pada masa kecil saya, orangtua saya banyak bercerita tentang Gunung Sinabung dan betapa bangganya masyarakat Tanah Karo terhadap gunung ini karena tanahnya sangat subur dan pemandangannya sangat indah.

Dengan bencana erupsi Gunung Sinabung yang saat ini masih berlangsung tentunya akan banyak berdampak bagi berjalannya roda perekonomian di desa-desa yang terkena dampak erupsi dan juga desa sekitarnya, kita harapkan bencana letusan Gunung Sinabung dapat segera berhenti dan Gunung Sinabung dapat ‘tidur’ kembali dengan tenang.

(ea/EA/bd)

One comment

  1. Tanah di lereng Gunung Sinabung subur sekali ya… pantas Tanah Karo terkenal dengan kesuburan tanahnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>